Langsung ke konten utama

JENDELA: PENULIS JANGAN "KENA MENTAL"

 


Ketika salah seorang peserta KBMN Angkatan 28 menanyakan hal apa yang paling penting dipersiapkan untuk menjadi seorang penulis, Ditta Widya Utami, S.Pd, yang bertindak sebagai narasumber menjawab singkat: "Mental Penulis".

Jawaban ini disertai tambahan berupa link youtube yang ternyata miliknya sendiri. Di sana Ditta menjelaskan lebih lanjut tentang Mental Penulis ini.

(https://www.youtube.com/results?search_query=mental+seorang+penulis)

Menurut Ditta, dalam tayangan di youtube itu, selain Niat dan Teknik menulis, dibutuhkan Mental Penulis, karena kita tidak ingin menjadi penuis hanya satu dua hari saja

Berdasarkan pengalaman pribadi dan hasil mempelajari penulis-penulis besar, maka Ditta mengatakan ada 5 (lima) mental yang harus dimiliki seorang penulis, yaitu:

1. Mental siap untuk menjadi konsisten

2. Mental Siap untuk dikritik

3. Mental Siap untuk belajar

4. Mental Siap untuk ditolak

5. Mental Siap untuk menjadi unik

Penjelasan lebih rinci adalah sebagai berikut:


1. Mental Untuk Siap Konsisten

Untuk menjadi penulis yang hebat, dibutuhkan sikap konsisten. 

Dalam perjalanan sebagai seorang penulis, pasti akan ditemui berbagai tantangan. Mental sebagai penulis harus dibuat sekuat mungkin. Harus mengenali diri kita sendiri agar kita mampu melewati setiap tantangan.

Hanya kita yang paling mengenali diri kita sendiri, apapun kata orang mengenai itu.

Lebih lanjut, Ditta mengatakan bahwa menulis adalah kata kerja yang memerlukan aksi nyata. Saat ini ada banyak patform yang bisa digunakan untuk menulis, baik itu berupa blog, IG, FB Status WA, Chat WA, wattpad, storial dll. Harusnya semua itu memudahkan kita untuk mampu memiliki mental konsisten dalam menulis. 

Di dalam KBMN, juga diajarkan kebiasaan untuk menulis. jargonnya adalah "Menulislah setiap hari, saksikan keajaibannya". Harapannya tentu saja kebiasaan menulis akan berlanjut meski KBMN teah berakhir. 

Ditta juga sudah berusaha mempraktekkan untuk konsisten menulis meski tidak selalu di blog. Kadang di IG, kadang hanya di laptop. Yang penting, tetap menulis.


2. Mental Untuk Siap dikritik

Ditta mengatakan bahwa kita harus menyadari bahwa ketika tulisan dipublish, tulisan itu sudah jadi milik publik. Mereka berhak membaca dan berkomentar sesukanya. Maka jangan kaget bila ada orang yang tidak dikenal mengkritik tulisan kita. Kita harus tahan banting.

Kritik meurut Ditta, ada yang bersifat membangun (positif) dan ada yang menjatuhkan (Negatif).

Yang membangun adalah kritik supaya kita bisa lebih baik, misalnya ejaan tidak sesuai aturan, sumber harus jelas, data kurang akurat, dsb Mungkin kritik tersebt melukai hati kita, namun sesungguhnya itu kritik membangun.

Yang menjatuhkan biasanya didasari rasa tidak suka pengkritik kepada kita. Jadi dasar mengkiritknya hanyalah karena ketidaksukaan atau kebencian, Bila kita temui ini, maka maka kita harus bisa bersikap “bodo amat”. 

Kita mesti bisa memilah mana masalah yang harus kita fokuskan dan fikirkan serta carikan jalan keluarnya, serta mana yang bisa diabaikan.

Kritik memang terasa sakit di awal, namun semuanya akan bisa membuat kita lebih baik di kemudian hari.

3. Mental untuk Siap bertumbuh

Setelah konsisten dan siap dikritik, maka kita harus bisa bangkit. Semua komentar yang kita terima harus bisa membuat kita lebih baik Kita bisa mulai memperbaiki tulisan kita, karena biasana tulisan kita masih bisa diedit atau dievisi. Ditta mengatakan bahwa buku yang telah diterbitkan pun masih memiliki kesempatan untuk meberbitkan Edisi Revisi.

Agar mental siap bertumbuh ini bisa berkembang, kita bisa melatih dengan melakukan riset sebelum menulis, contohnya Andrea Hirata yang selalu melakukan riset sebelum dia mulai menulis.  

Demikian juga mental ini beisa dilatih dengan memperbanyak bacaan. Penulis hebat adalah pembaca ulung, demikian kata Ditta. Bukan sekedar besarnya minat baca tapi lebih pada daya baca yang tinggi. Contohnya Asma Nadia, membaca 3 buku setiap pekannya.

4. Mental Siap ditolak

Setiap karya kita sudah siap diterbitkan, kita harus siap ditolak. Ditta mencontohkan bahwa JK Rowling ditolak belasan penerbit sebelum berhasil menerbitkan Harry Potter.

Mental JK Rowling itu yang harus ditiru. Mungkin kita tidak akan mengenal Harry Potter jika dia segera menyerah setelah satu atau dua kali ditolak.

Dee Lestari juga pernah ditolak oleh beberapa penerbit sebelum berhasil meluncurkan Supernova. 

Oleh karenanya Ditta menyarankan agar kita "Jangan galau". Coba lagi.. Coba lagi, katanya, sampai berhasil diterbitkan penerbit mayor. Atau jika hendak mencoba penerbit Indie terlebih dahulu, juga bisa.

5. Siap untuk menjadi unik

Menurut Ditta, menjadi penulis harus unik. Bila kita menyukai seorang penulis, misalnya Agatha Christie, maka jangan menjadi Agatha Christie kedua. 

Be yourself. Gunakan gaya sendiri. ciri khas sendiri. Keluarkan jati diri kita. Sikap mental ini sangat dibutuhkan seorang penulis.

Ditta mencontohkan ada penulis yang bisa menulis apa pun kondisinya. Ada lagi yang selalu menulis kalimat-kalimat positif. Ada lagi seorang yang terkenal humoris, memasukkan unsur-unsur humor ke dalam tulisannya. Kesemuanya itu merupakan keunikan masing-masing penulis.

Pak Cah (Cahyadi Takariawan)
sumber: https://pakcah.id/

Membangun Mental

Kelima sikap mental seorang penulis seperti yang dijelaskan Ditta, tidak akan bisa ada begitu saja. Semuanya bukan hasil sulapan yang hanya dengan membaca mantera "Sim Salabim", lalu ada.

Berkenaan dengan Mental Penulis ini, Pak Cah (Cahyadi Takariawan, penulis senior yang telah menulis lebih dari 60 buku), telah menulis sebuah artikel berjudul "Membangun Mental Sebagai Penulis".

(https://ruangmenulis.id/membangun-mental-sebagai-penulis/)

Pak Cah memang tidak menyukai hal-hal yang rumit bila sebenarnya bisa disederhanakan. Maka ketika berbicara tentang membangun mental sebagai penulis, beliau hanya menyodorkan sebuah fakta bahwa ada orang yang dengan setengah hati menyebut dirinya "Calon" Penulis.

Bagi Pak Cah, ini bukan sikap mental yang benar. Menurutnya, siapa pun yang telah menulis dalam bentuk apa pun, maka orang itu adalah seorang Penulis. 

Yang hendak dikatakan oleh Pak Cah, adalah, jangan hanya 'berangan-angan" menjadi penulis. Jadilah penulis dengan benar-benar menulis. Dengan demikian, dia sudah menunaikan tugas profesi seorang penulis, yaitu menulis.

"Menulislah", demikian kata Pak Cah. Jika pun kemudian hasil tulisan itu hanya disimpan tanpa dipublikasikan, maka kita sudah menjadi penulis. Menurut Pak Cah, ""Publikasi hanyalah cara untuk menunjukkan hasil dari proses menulis."

"Yang penting adalah, hargai pilihan Anda sebagai penulis. Hilangkan mental sebagai ‘calon’ dalam diri Anda. Secara yakin Anda harus menyatakan, bahwa Anda adalah penulis, karena Anda telah benar-benar menulis." demikian katanya.


Nah, dari pesan-pesan di atas, nampaknya jelas bahwa sebagai penulis kita jangan sampai "Kena Mental", terpuruk hanya gegara hal-hal remeh atau pihak yang tidak suka kepada kita. 

Be strong. Be though. Be yourself. Be gitulah seharusnya.

Saya sudah mulai. Inilah tulisan saya. Saya adalah Penulis.

Tto 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

"MAN OF ACTION" IN ACTION!

  Oleh: Toto Mulyoto Resume ke-6 Gelombang: 28 Tanggal: 20 Januari 2023 Tema: Menulis Buku Mayor Dalam Dua Minggu Narasumber: Prof. Richardus Eko Indrajit Moderator: Aam Nurhasanah, S.Pd. "Man of Action" menurut kamus Oxford adalah " someone who prefers to do things rather than think about and discuss them ". Tema KBMN malam ini, Menulis Buku Mayor Dalam Dua Minggu, disampaikan oleh orang yang termasuk kategori "Man of Action". Narasumber ini lebih suka menerjunkan para peserta pelatihan langsung ke dunia kepenulisan tanpa banyak basa-basi. Targetnya jelas: membuat buku yang akan tembus ke penerbit dalam waktu singkat.  Inilah sepak terjang narasumber hebat malam ini, Prof. Eko Indrajit. Prof. Richardus Eko Indrajit (sumber wikipedia) Narasumber Hebat Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A., M.Phil., M.A. (lahir 24 Januari 1969) adalah seorang tokoh pendidikan dan pakar teknologi informatika. Beliau banyak menulis buku serta jurnal yang telah d

REFLEKSI DIRI MURID ITU PENTING! BEGINI CARA GURU HEBAT MENGELOLANYA

  Oleh: Toto Mulyoto Resume ke-29 Gelombang: 28 Tanggal: 15 Maret 2023 Tema: Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa Narasumber: Bambang Purwanto, S.Kom.Gr Moderator: Gina Dwi Septiani, S.Pd., M.Pd. Narasumber Hebat Narasumber hebat malam ini adalah lelaki bernama lengkap Bambang Purwanto, S.Kom., Gr. Nama panggilannya ringkas: Mr. Bams atau Ayah Salwa. Beliau lahir di Bandung, 6 April 1974. Saat ini beliau tinggal di Perumahan Lebakwangi Asri D4 No 26 RT 04 RW 13 Desa Lebakwangi Kecamatan Arjasari Kab. Bandung – 40379. Beliau bisa dihubungi melalui nomer telepon : 088809405468 atau email : bangpurwa@gmail.com Situs beliau yang bisa kita kulik diantaranya: Website : www.penamrbams.id Youtube : Pena Mr. Bams https://www.youtube.com/channel/UCDw-57I2kl77_hVmt9Orhjg Motto Hidup : Mengisi Hidup Penuh Hikmah Pendidikan Formal • SD : SD Negeri 3 Banjaran Kabupaten Bandung, 1986 • SMP : SMP Negeri 1 Banjaran Kabupaten Bandung, 1989 • SMA : SMA Negeri Baleendah Kabupaten Bandung, 19

MENUJU HIDUP YANG LEBIH BERMANFAAT DENGAN MENUMBUHKAN GAIRAH MENULIS

Oleh: Toto Mulyoto Resume ke-2 Gelombang: 28 Tanggal: 11 Januari 2023 Tema: Menjadikan Menulis Sebagai Passion Narasumber: Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd. Moderator: Widya Setianingsih, S.Pd. MENUJU HIDUP YANG LEBIH BERMANFAAT DENGAN MENUMBUHKAN GAIRAH MENULIS Orang yang tidak mau menulis (atau menjadi penulis) bisa mengajukan banyak alasan. Ada yang langsung mengatakan tidak suka menulis, ada yang merasa tidak mampu menulis. Ada lagi yang merasa tidak punya ide atau tidak punya waktu untuk menulis. Bahkan ada juga yang tidak mau menulis karena tidak suka dikritik. Semua alasan itu sebenarnya bukanlah hal yang prinsip. Jika disebutkan satu saja alasan untuk menulis, tentunya alasan-alasan di atas bisa dinafikan.  Salah satu alasan untuk menulis adalah menjadikan hidup yang dijalani ini menjadi hidup yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang banyak. Kebermanfaatan itu bisa diraih melalui kegiatan menulis. Menumbuhkan Passion Menulis Materi ke-2 dalam Kelas Belajar Menulis Nus