Dulu, sekitar tahun 80an - 90an aku hanya mengenal TiKi (Titipan Kilat). Sering kulihat iklannya di majalah atau koran yang kubaca.
![]() |
Iklan TiKi yang kubaca di sebuah majalah bulanan (Juli 1984) |
Tak dinyana di tahun 2020an, terutama semenjak pandemi, aku berkenalan dengan JNE yang ternyata masih memiliki akar yang sama dengan TiKi.
Sekarang ini nampaknya memang bukan zamannya lagi beriklan di media cetak. JNE sudah punya akun-akun medsos yang bisa jadi media iklan. Ada IG, ada Tiktok, Ada Twitter, eh, udah jadi "X",,,
![]() |
Tangkapan layar IG JNE...follower hampir 2 juta! Mantaps! |
Partner Dalam Pengiriman Barang
Interaksiku yang langsung, ternyata oh ternyata, adalah dengan JNE, bukan dengan TiKi. Aku menggunakan jasanya bukan hanya untuk mengirim barang-barang. Tetapi kami sekeluarga juga menerima kiriman barang via JNE.
Soal mengirim barang itu ceritanya begini:
Di masa pandemi istriku mencari tambahan penghasilan dengan menjadi penyalur buku dan ramuan herbal. Pembelinya kebanyakan bukan tetangga sekitar rumah, melainkan kenalan-kenalan yang tinggalnya berbeda kota. Saat itu, istriku memakai WA sebagai sarana beriklan.
Aku kebagian tugas untuk packing dan sending barang-barang yang dipesan para pembeli. Mulanya aku coba-coba menggunakan jasa pengiriman selain JNE. Aku pilih yang lebih murah. Namun ternyata layanannya kurang memuaskan. Ada barang kiriman yang lama baru sampai ke alamat penerima. Tapi yang lebih bermasalah adalah tidak adanya informasi tentang perjalanan barang. Misalnya tanggal berapa, kiriman itu ada di mana.
Mungkin buat orang lain hal ini kurang bermanfaat, tapi bagi kami sebagai penyalur, informasi itu sangat penting. Jika kami tidak punya informasi keberadaan barang kiriman kami, bisa repot! Bayangkan saja bila ada pembeli yang menanyakan barangnya sudah sampai di mana, tapi kami tidak punya informasinya. Tentu bisa mengecewakan pembeli, setidaknya bikin dia dag dig dug. Ambyar!
Nah, masalah inilah yang tertanggulangi di JNE. Layanan JNE memungkinkan kami sebagai penjual/penyalur yang mengirimkan barang dan pembeli memantau perjalanan barang.
Gak Kecewa Sama Layanan JNE???
Selain itu, sebenarnya lokasi kantor perwakilan JNE sangat dekat dengan rumahku. Ada di ujung jalan. Hanya beda RT saja.
Tambahan lagi, layanan petugasnya ramah dan profesional. Aku tidak pernah takut membawa uang pecahan besar, meski biaya pengiriman hanya Rp. 9.000,- misalnya. Di sana pasti ada kembalian. Dan dikembalikan utuh duit semua, ga pake diganti permen. Dan dikembalikannya juga pake senyum... (Soal keramahan ini, kapan-kapan dilanjut ceritanya, InsyaAllah)...
Jadi, kalau ada yang iseng tanya: Gak kecewa sama layanan JNE??? Aku sih, bisa serius jawab: Nggak dong!!!
#JNE
#ConnectingHappiness
#JNE33Tahun
#JNEContentCompetition2024
#GasssTerusSemangatKreativitasnya
Komentar
Posting Komentar