Langsung ke konten utama

REFLEKSI DIRI MURID ITU PENTING! BEGINI CARA GURU HEBAT MENGELOLANYA

 



Oleh: Toto Mulyoto

Resume ke-29

Gelombang: 28

Tanggal: 15 Maret 2023

Tema: Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa

Narasumber: Bambang Purwanto, S.Kom.Gr

Moderator: Gina Dwi Septiani, S.Pd., M.Pd.


Narasumber Hebat

Narasumber hebat malam ini adalah lelaki bernama lengkap Bambang Purwanto, S.Kom., Gr. Nama panggilannya ringkas: Mr. Bams atau Ayah Salwa. Beliau lahir di Bandung, 6 April 1974. Saat ini beliau tinggal di Perumahan Lebakwangi Asri D4 No 26 RT 04 RW 13 Desa Lebakwangi Kecamatan Arjasari Kab. Bandung – 40379. Beliau bisa dihubungi melalui nomer telepon : 088809405468 atau email : bangpurwa@gmail.com

Situs beliau yang bisa kita kulik diantaranya:
Website : www.penamrbams.id

Motto Hidup : Mengisi Hidup Penuh Hikmah

Pendidikan Formal
• SD : SD Negeri 3 Banjaran Kabupaten Bandung, 1986
• SMP : SMP Negeri 1 Banjaran Kabupaten Bandung, 1989
• SMA : SMA Negeri Baleendah Kabupaten Bandung, 1992
• D-III : AMIK Bandung, Jurusan Manajemen Informatika, 1998
• S-1 : STMIK AMIKBANDUNG, Jurusan Sistem Informatika, 2013

Pengalaman Kerja
1) 2008-sekarang : Yayasan Taruna Bakti, Guru TIK / Informatika SMP Taruna Bakti
2) 2007 : BYS Training Marketing
3) 2006 : Lembaga Konsultasi Keluarga Cahaya Islam, Adminitrasi Keuangan
4) 2004-2005 : Koperasi Pegawai Telkom (KOPEGTEL) Risti Bandung Bussines Manager
5) 2000-2004 : PT. Kemang Food Industries Bandung Adminitrasi Penjualan
6) 2001-2000 : Pakar Teknika Proyek Pembuatan Program di BPR Cimahi Tengah
7) 1995-1999 : Konsultan Teknik PT. Kapima Rencanatama Adminitrasi & Keuangan
8) 1992-1995 : Konsultan Teknik PT. Hegar Daya Adminitrasi & Umum

Organisasi
  • Ketua Tim Pengelola Air Bersih Lebakwangi Asri (Timpalas), November 2020 – November 2021
  • Pengurus RW sebagai Ketua RW 13 Perumahan Lebakwangi Asri (2018- 11 Februari 2023)
  • Anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), sebagai Tim website PGRI Kota Bandung
  • Anggota Asosiasi Manajemen Indonesia (AMA) Bandung
  • Koordinator Informasi Sapawarga Kecamatan Arjasari, 2020
  • MGMP TIK / Informatika Bidang Organisasi
  • Anggota Kogtik PGRI, 2020 – sekarang
  • Pengurus Pokja Literasi Geliats Kota Bandung, 2019-sekarang
  • Ketua Koperasi Bestari Taruna Bakti, 2014-2017
  • Ketua Forum TBM Kab Bandung , 19 Mei 2013 – 19 Mei 2018
  • Sekretaris RW 13 Lebakwangi Asri, 2013-2016
  • Ketua TBM AS Lebakwangi, 2011-sekarang
  • Ketua RT 04 RW 13 Lebakwangi Asri, 2008-2011
  • Ketua OSIS SMA Negeri Baleendah Kabupaten Bandung tahun 1991
  • Wakil Ketua OSIS SMA Negeri Baleendah Kabupaten Bandung tahun 1990
  • Anggota Paskibra Kecamatan Baleendah, 1989
  • Ketua Kelas 1-7 SMA Negeri Baleendah, 1989

Prestasi
  • Juara ke-5 lomba blog PGRI, Februari 2021. Blog www.penamrbams.id
  • 9 Guru Blogger Indonesia, 16 Mei 2020. Penyelenggara Penerbit Andi. Blog www.penamrbams.id
  • Anugerah Guru Inspiratif Een Sukaesih Award se Jawa Barat untuk kategori SMP, penghargaan dari Gubernur Jawa Barat, Dinas Pendidikan Jawa Barat. Tanggal 13 Desember 2019
  • Mengantarkan SMP Taruna Bakti mendapatkan Penerima Anugerah Widya Pratama Tahun 2019 Sekolah Berbudaya Literasi Kategori Utama dari Dinas Pendidikan Kota Bandung. Berperan sebagai Ketua Tim Literasi SMP Taruna Bakti. Tanggal 4 Desember 2019.
  • Penerima Anugerah Widya Pratama Tahun 2019 Penggiat Literasi dari Dinas Pendidikan Kota Bandung. Berperan sebagai Ketua Tim Literasi SMP Taruna Bakti. Tanggal 4 Desember 2019.
  • Penerima Penghargaan dari Yayasan Taruna Bakti sebagai Tim dari Anggota Penanggunlangan Keadaan Darurat (PKD) YTB, periode 2018-2019. Tertanggal 11 November 2019.
  • Penerima Sabilulungan Award dari Bupati Kabupaten Bandung sebagai Pengiat Sosial Budaya dalam bidang Literasi (Taman Baca Masyarakat), tanggal 21 April 2019
  • Medali WJLR dari Dinas Pendidikan Jawa Barat, tanggal 6 November 2017
  • Lencana PANCAWARSA dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat, SK No 28 Tahun 2015 tanggal 14 Agustus 2015.
  • Juara ke-1 Pengelola TBM Tingkat Jawa Barat tahun 2014
  • Juara ke-1 Pengelola TBM Tingkat Kabupaten Bandung tahun 2014
  • Juara ke-2 Pengelola TBM Tingkat Jawa Barat tahun 2013
  • Juara ke-1 Pengelola TBM Tingkat Kabupaten Bandung tahun 2013

Karya dan Publikasi
  • Buku Ceria Ramadan Kisah Seri di Bulan Ramadan, diterbitkan Leguty Maret 2021 (antologi)
  • Buku Dunia Fantasi Hewan Laut, diterbitkan Leguty Maret 2021 (antologi)
  • Ulasan buku antologi “Amazing Fables, Fabel Anak Indonesia”. Dimuat di HU Republika pada tanggal 15 Januari 2021
  • Buku Amazing Fables Fabel Anak Indonesia, diterbitkan Leguty Desember 2020 (antologi)
  • Buku Puisi Rona Korona Duka dan Ria, diterbitkan Oase Pustaka Agustus 2020, (antologi)
  • Buku Pena Digital Guru Milenial (Antologi Kisah Guru Blogger Bersama Omjay dan PGRI), diterbitkan Oase Pustaka Juli 2020 (antologi)
  • Buku Tangan-tangan yang Menerbangkan Harapan, diterbitkan CV Kekata Grup Juli 2020 (antologi)
  • Point Literasi Siswa SMP Taruna Bakti, 2020
  • Webiste pribadi pengembangan literasi www.penamrbams.id tanggal 1 April 2020
  • Kalimat Bahagia Mr. Bams pertama tayang 26 September 2019, saat ini sudah edisi 200
  • Artikel “Peran Guru dalam Media Sosial” di muat Forum Guru Harian Pikiran Rakyat tanggal 23 Mei 2019
  • Program Cerita TBM AS Lebakwangi selama Ramadan melalui Spotify, Mei 2019
  • Point Literasi Kelas SMP Taruna Bakti, 2019
  • Artikel “Kembalikan Mata Pelajaran TIK” di muat Forum Guru Harian Pikiran Rakyat tanggal 11 Agustus 2017
  • Pembuatan blog literasi www.lilterasismptarbak.wordpress.com tanggal 26 September 2016
  • Rubrik PR Kecil tanggal 17 Januari 2016, Membaca dan Menulis itu Asik. Liputan ke TBM AS Lebakwangi.
  • Apa dan Siapa HU Pikiran Rakyat tanggal 20 Mei 2009, Bambang Purwanto Kenalkan Dongeng
  • Dongeng Cerita Tangan dan Jari (CT-Jar), tahun 2007
  • Training Kuadran Sukses, 2007
  • Lagu Ruhiah, 2007
  • Rumus Hidup Bahagia (RuHiah), 2007
  • Mesin Motivasi Diri (Memori), 2007
  • Apa dan Siapa HU Pikiran Rakyat tanggal 1 Juli 2008, Bambang Purwanto Anak Sebagai Inspirator
  • Cerita Hikmah (Ceramah), 2006
  • Dongeng Anak (DoA), 2005
Masih banyak sisi lain dari narasumber yang bisa dikulik, misalnya:
  • Pendidikan Non Formal / Pelatihan 
  • Berbagai Seminar, Training, Workshop & Talkshow yang diikuti
  • Pengalaman Memberikan Training, Seminar dan Juri di berbagai event
  • Pengalaman MC, Host dan Moderator
  • Podcast di Youtube Chanel Pena Mr. Bams

Informasi lebih lengkap bisa ditilik langsung di situs beliau www.penamrbams.id.


Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa

Blog atau web yang dikelola oleh narasumber adalah penamrbams.id [Catatan pribadi: sejauh ini informasi yang diperoleh mengenai blog/web narasumber hanya satu ini. Agak mengejutkan juga, sebetulnya, karena beberapa narasumber hebat sebelum ini biasanya memiliki lebih dari satu blog/web. Namun di sisi lain, ini menunjukkan bahwa kemampuan narasumber mengelola blognya sangatlah luarbiasa! Blog ini bukan saja dipakai untuk keperluan pribadi, tapi juga untuk keperluan mengajar-belajar. Apakah ada kegunaan lainnya dari blog ini? Barangkali bisa kita ketahui nanti].  

Tampilan awal blog narasumber

Punya blog/web ini, menurut narasumber adalah cara untuk:

  1. Menunjukkan identitas digital (nasionalisme) dengan DOT ID (Indonesia)
  2. Menunjukkan sebagai guru yang beradaptasi dengan era digital
  3. Dibiayai oleh sertifikasi, sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada negara bahwa dana digunakan untuk mendukung kegiatan penujang guru.
  4. Tempat menyimpan atau menyalurkan hobi menulis apa pun
Sebelum melangkah ke materi, narasumber memperkenalkan tempat Mr. Bams belajar bersama para muridnya yaitu SMP Taruna Bakti Bandung (terletak di Jl LLRE Martadinata No 52 Bandung) belakang Gedung Sate melalui saluran youtube (https://youtu.be/TCa-oEJtibs) [Catatan Pribadi: Jadi pengen sekolah lagi. Hi hi hi

Melangkah ke pemaparan tentang penggunaan Blog sebagai wadah dokumentasi refleksi diri siswa, narasumber memperlihatkan lokasi di bagian bawah bagian samping kanan (bila menggunakan laptop) blog beliau. Di sana ada logo SMP Taruna Bakti. Murid yang belajar bersama Mr. Bams bisa klik tulisan Informatika kemudian akan masuk kedalam pilihan pembelajaran sesuai kelas masing-masing.

Logo SMP Taruna Bakti

Contoh yang diberikan narasumber adalah aktivitas Klas 7A 2022-2023 SMP Taruna Bakti. https://penamrbams.id/informatika-kelas-7a-smp-taruna-bakti-2022-2023/

Refleksi Diri

Bagi narasumber sebagai guru, refleksi diri yang dituliskan oleh murid sangatlah penting. Murid setiap mengakhiri pembelajaran (5-10 menit) murid-murid diminta mengisi form yang sudah dibuatkan https://penamrbams.id/refleksi-diri/

Pertanyaan yang harus dijawab murid adalah :

Tuliskan dalam bentuk paragrap. Apa yang dipelajari hari ini? Silahkan dijelaskan. Materi apa yang masih menjadi kesulitan bagi kalian (harus dijelaskan kembali)? Bagaimana perasaan kamu saat belajar bersama Mr. Bams? Adakah masukan untuk  Mr. saat pembelajaran hari ini? Kalau ada jelaskan. Mohon jelaskan dengan kalimat lengkap tidak dalam bentuk jawaban sebuah pertanyaan. Contoh : Hari ini saya ulangan bab 1. Sebelum ulangan Mr. Bams menjelaskan tujuan ulangan tidak hanya mendapatkan nilai, akan tetapi melatih kejujuran dan kepercayaan diri. Hari ini perasaan saya sangat senang belajar Mr. Bams karena sebelum dan selama ulangan berjalan dengan lancar. Masukannya kalau bisa ulangannya tidak esai semua.

Data nanti akan masuk ke google spreadsheet. Data ini kemudian di urutkan berdasarkan kelas. Setelah diurutkan maka dicopy kemudian di paste ke excel untuk diolah. Di excel pun setelah dicopy kemudian diurutkan kembali. Setelah diurutkan maka akan dapat diketahui berapa murid absen yang tidak mengisi. Bagi murid, setiap mengisi form refleksi diri ini, diberikan 10 poin, Setiap minggunya diakumulasikan

Setelah diurutkan, dilanjutkan untuk copy ke blog. Data di copy dulu ke word agar rapi. Setelah dari word baru ke website. Maka hasilnya dapat dilihat di https://penamrbams.id/refleksi-diri-kelas-7a-semester-genap-smp-taruna-bakti-2022-2023/ Contohnya seperti gambar di bawah ini


Narasumber memberi contoh salah satu tulisan murid yang memberikan refleksi dirinya :

Pada hari ini, kita mempelajari materi tentang Pengertian Masyarakat Digital pada halaman 142-143 dan setelahnya kita menonton sebuah video tentang Cloud Storage di Youtube dan juga mengirim link video-nya di kolom komentar di Pena Mr. Bams. Hari ini pula saya merasa senang karena semuanya lancar tidak ada suatu kendala, hari ini tidak ada masukan dari saya dan semoga hari-hari kita semua dilancarkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

✧・゚Terimakasih・゚✧ ฅ^•ﻌ•^ฅ

Menurut narasumber, dari tulisan murid ini ada beberapa hal yang bisa kita ketahui:

  1. Materi yang dipejari
  2. Aktivitas yang dilakukan apa saja
  3. Persaan yang dirasakan oleh murid
  4. Karater yang spiritual untuk mengingat Tuhan YME

Menurut narasumber juga, murid  tidak menyadari bahwa mereka sedang dilatih menulis, mempraktikkan kemampuan penguasaan materi Bahasa Indonesia 

Manfaat lainnya diungkap narasumber pada sesi tanya jawab:

  1. Sebagai guru kita bisa menujukkan kepada siswa, bahwa guru memanfaatkan teknologi dalam pembelajar, semoga menjadi motivasi kepada siswa
  2. Murid bisa memanfaatkan media ini sebagai jejak digitalnya
  3. Murid yang tidak masuk, saat melihat dan membaca refleksi diri yang ditulis temannya merasa dapat informasi banyak
  4. Manfaat lebih lanjut adalah belajar konsisten dengan apa yang biasa dikelola.

Narasumber menyampaikan beberapa contoh refleksi diri dari muris kelas 9 yang beliau ajar di pertemuan akhir  https://penamrbams.id/refleksi-diri-kelas-9a-semester-genap-smp-taruna-bakti-2022-2023/

Angela Aurelie Putri Michael

hari ini kita merencanakan ujian praktek kita, ide saya akan mencakup dunia internet dan mungkin aplikasi – aplikasi yang membantu banyak orang saya juga akan mencantumkan beberapa informasi dan data data di dalam pidato yang nantinya bisa di jadikan poin poin singkat didalam infografis. Untuk kesan belajar selama setahun ada lebih ada kurang nya jugaa tapi semua masalahnya bisa diselesaikan dengan baik , mr bams udah ngajarin banyak hal selama 3 tahun ini makasih buat ilmu ilmu yang sudah di sampaikan semoga semakin sukses di masa depan, maaf ya mr bams kalo ada kesalahan yang bikin kurang nyaman. semoga ujian praktek nanti bisa sukses dan lancar aamiin-!! ❤️

Annindya Sheeva Khairranny

Selama 1 tahun belajar dgn Mr. Bams itu selalu ad hal yg membuat ‘WAH’. Setiap pelajarannya kita selalu dikejutkan dengan inovasi dr Mr. Bams seperti tiba2 games, quiz, (ulangan), dll. Ya, bisa dibilang kelas ini akan menjadi salah satu kelas yg tdk mudah untuk dilupakan.

Semangat Terus Pak ✊✊✊

Terus kejutkan muridmu!!!!

falisya azalea santika

judul untuk ujian praktek sebenarnya masih belum terbayang. tetapi satu judul yang saya dapat dipertemuan kali ini adalah efektivitas waktu belajar dan bermain gadget untuk pelajar. mungkin akan diubah untuk kedepannya. pesan untuk mr.bams selama satu tahun mengajar ini. terimakasih mr.bams atas semua materi yang sudah disampaikan. banyak pelajaran yang dapat diambil. terimakasih mr.bams sudah mau merevisi kesalahan dan mendengarkan saran dari kita sebagai murid. sukses dan sehat selalu pak 😃👍🏻.


Dalam pandangan narasumber, tulisan-tulisan kelas 9 sudah sangat terbuka, berani menyampaikan kritikan, dan narasumber sebagai guru tidak boleh baper, tetapi diperbaiki sesuai kemampuan diri

Narasumber melanjutkan bahwa yang sangat indah adalah untaian doa dari murid kita. Maka ajarkan dan berikan mereka kesempatan menuliskan apa yang mereka rasakan dan harapkan. Sebagai guru pembelajar sepanjang hayat tentunya harus berani memperbaiki diri dari waktu ke waktu.

Selanjutnya narasumber menjelaskan aspek yang lebih umum dari pemanfaatan blog/web, yang salah satunya adalah tempat mengunggah refleksi diri para murid.

Bila di google dicari dengan kata kunci 'Refleksi Diri Mr. Bams' , maka yang muncul adalah: 


[Catatan Pribadi: Nampaknya ini kata kunci yang sangat unik ditambah traffic yang lumayan tinggi dan konstan sehingga bisa bertengger di puncak hasil pencarian. Warbyasah!]

Jika mode pencarian menggunakan gambar (images), maka yang muncul adalah


Narasumber menyatakan bahwa dampak dari pemanfaatan blog/web untuk pembelajaran, salah satunya mengisi refleksi diri, maka jejak digital kita akan semakin banyak. Inilah hasil tampilan (views) dari tahun ke tahun

  • 2020 - 65.660
  • 2021 - 33.946
  • 2022 - 131.791
  • 2023 - 47.120 (up to date)

Narasumber meminta peserta untuk mengajak murid kita menulis, hubungkan dengan mata pelajaran yang kita ampu. Manfaatkan blog untuk media pembelajaran juga. 

Ikan hiu makan tomat
I love you so much
Hari Kamis bawa palu
I miss you

Beberapa pelajaran dan info dari ses tanya jawab:


1. Dalam blog narasumber ada lebih banyak isinya dari sekedar tempat belajar dan refleksi diri! Web penamrbams.id pun juga ada  :


2. Bagi yang baru belajar ngeblog:

Belajar blog sekarang sangat mudah. Sahabat yang membantu kita adalah internet, dimana 24 jam akan selalu membantu apa yang kita butuhkan. Modalnya hanya mau untuk belajar terus menerus. Teu kenging bosenan (ngak boleh bosanan). 

Hambatannya harus berani melawan malas atau sibuk, karena mengelola Refleksi Diri narasumber merasakan harus telaten. Bagi yang tidak terbiasa mungkin akan menjadi beban. Di SMP Taruna Bakti pun yang mendokumentasikan refleksi diri hanya narasumber seorang diri dan atas inisiatif sendiri (inovasi). Solusi ats hambatan yang biasanya dilakukan oleh narasumber adalah mendokumentasinya selalu nyicil, setiap akhir pembelajaran atau di jam kosong website dilengkapi untuk kebutuhan pembelajaran.

Untuk belajar ngeblog, ada 2 blog yang bisa dipilih :
1. Blogspot
2. Wordpress

Dua blog ini yang sering digunakan, namun narasumber lebih sering menggunakan wordpress. Bahkan saat pandemi diawal, narasumber membuat blog untuk sekolah (https://daringsmptarunabakti.wordpress.com/)

Selama ada keinginan dan mau belajar terus menerus, yakin akan berhasil. Selamat memilih dan membuat blog yang bisa digunakan sebagai media pendukung sebagai pembelajar


3. Jika tidak/belum bisa menggunakan blog, apa yang bisa dilakukan? 

Sesungguhnya refleksi diri yang bagus bukanlah dilihat dari medianya, akan tetapi dari apa yang didapat dari refleksi diri. Apakah hasil refleksi diri membuat dampak yang positif bagi siswa dan gurunya. Intinya lakukan yang bisa kita lakukan. Bila masih menggunakan cara lama silahkan dan bila bisa beradaptasi dengan kondisi sekarang itu bisa dilakukan. Semua tidak usah dipaksakan, akan tetapi bisa kita sudah merasa membutuhkan maka pasti kita akan belajar dan melakukannya.

Lakukanlah refleksi dengan pertimbangan sebagai berikut :
  1. Tidak memberatkan siswa dan guru
  2. Perhatikan kondisi siswa dan sarana pendukung
  3. Lakukan oleh guru dengan riang gembira

Bagi kelas lebih rendah narasumber mengusulkan metode berikut: 
  1. Siapkan kertas kecil ukuran 5 cm x 5 cm (boleh kelas warna-warni)
  2. Siswa menuliskannya di kertas tersebut
  3. Setelah itu siapkan kertas HVS kosong, tempelkan kertas kecil tersebut di HVS tersebut. Dipisah per pertemuan
  4. Jika mau, bisa disalin, ditik ulang bila waktu senggang, disimpan di blog juga ok. Bisa juga tulisannya difoto lalu disimpan di google slide

4. Bagaimana cara memberikan skor bagi murid dalam urusan reflrksidiri ini?

Setiap mengisi siswa diberikan poin 10. Skor yang dicantumkan di minggu depan sudah diakumulasi dengan minggu ini. Misalnya ABCDE pertemuaan ke 1 mengisi refleksi diri, maka saya akan memberikan point 10. Kemudian di pertemuan ke 2 mengisi kembali maka poin yang akan dicantumkan di tabelnya adalah 20.

Nah, dari sini nanti kita sebagai guru bisa melihat kemampuan anak dengan berbagai sudut pandang ":

  1. Siswa yang konsisten menulis
  2. Siswa yang kadang menulis kadang tidak
  3. Siswa yang menulis seadaanya

Poin refleksi diri bisa digunakan untuk remedial, bila ada nilai yang kurang-kurang sedikit, poin refleksi diri bisa membantu tambahan kekurangan nilai. 

Contoh : Nilai di raport yang diharapkan adalah 80, siswa ini nilainya 79. Seharusnya remedial, tapi karena poin refleksinya tinggi maka siswa tersebut tidak usah melakukan remedial

Kalau ada siswa yang tidak menulis, maka saat merekap narasumber memang menuliskan sendiri Minggu ini tidak menulis. Bila tidak menulis maka siswa tidak akan mendapatkan poin 10/refleksi diri. Kalau sudah tidak menulis beberapa kali, biasanya narasumber mengajak ngobrol, untuk mengetahui apakah ada kendala atau hal yang lainnya.


5. Hal lain yang mengejutkan:

Narasumber suka juga mendongeng, atau menirukan suara seperti Pa Mario Teguh yang biasa dijadikan karakter baru dengan nama Maryo Teduh (Mari Ayo Tenang Dalam Urusan Hidup). 

[Catatan pribadi: Mr. Bams adalah sosok yang bersahaja, hal ini nampak dari kata-kata yang dituliskannya dalam pemaparan serta jawaban-jawaban atas berbagai pertanyaan di sesi tanya jawab. Beliau juga tidak segan untuk segera meminta maaf atas kesalahan yang tidak sengaja dilakukannya. Multitalented person. Guru yang hebat!


Tto

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"MAN OF ACTION" IN ACTION!

  Oleh: Toto Mulyoto Resume ke-6 Gelombang: 28 Tanggal: 20 Januari 2023 Tema: Menulis Buku Mayor Dalam Dua Minggu Narasumber: Prof. Richardus Eko Indrajit Moderator: Aam Nurhasanah, S.Pd. "Man of Action" menurut kamus Oxford adalah " someone who prefers to do things rather than think about and discuss them ". Tema KBMN malam ini, Menulis Buku Mayor Dalam Dua Minggu, disampaikan oleh orang yang termasuk kategori "Man of Action". Narasumber ini lebih suka menerjunkan para peserta pelatihan langsung ke dunia kepenulisan tanpa banyak basa-basi. Targetnya jelas: membuat buku yang akan tembus ke penerbit dalam waktu singkat.  Inilah sepak terjang narasumber hebat malam ini, Prof. Eko Indrajit. Prof. Richardus Eko Indrajit (sumber wikipedia) Narasumber Hebat Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A., M.Phil., M.A. (lahir 24 Januari 1969) adalah seorang tokoh pendidikan dan pakar teknologi informatika. Beliau banyak menulis buku serta jurnal yang telah d

MENUJU HIDUP YANG LEBIH BERMANFAAT DENGAN MENUMBUHKAN GAIRAH MENULIS

Oleh: Toto Mulyoto Resume ke-2 Gelombang: 28 Tanggal: 11 Januari 2023 Tema: Menjadikan Menulis Sebagai Passion Narasumber: Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd. Moderator: Widya Setianingsih, S.Pd. MENUJU HIDUP YANG LEBIH BERMANFAAT DENGAN MENUMBUHKAN GAIRAH MENULIS Orang yang tidak mau menulis (atau menjadi penulis) bisa mengajukan banyak alasan. Ada yang langsung mengatakan tidak suka menulis, ada yang merasa tidak mampu menulis. Ada lagi yang merasa tidak punya ide atau tidak punya waktu untuk menulis. Bahkan ada juga yang tidak mau menulis karena tidak suka dikritik. Semua alasan itu sebenarnya bukanlah hal yang prinsip. Jika disebutkan satu saja alasan untuk menulis, tentunya alasan-alasan di atas bisa dinafikan.  Salah satu alasan untuk menulis adalah menjadikan hidup yang dijalani ini menjadi hidup yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang banyak. Kebermanfaatan itu bisa diraih melalui kegiatan menulis. Menumbuhkan Passion Menulis Materi ke-2 dalam Kelas Belajar Menulis Nus