Langsung ke konten utama

BABAK BARU DI KBMN 28! SALAH NAMA BIKIN MAKIN SERU!

 


Hari ini KBMN Angkatan 28 memasuki babak baru!

Para peserta dimasukkan ke dalam kelompok-kelompok “bimbingan”. 

Ada 13 orang mentor yang akan membantu para peserta menyelesaikan tugas-tugas di KBMN 28 ini, yaitu menuntaskan 30 Resume dan menerbitkan Buku Solo.

Pertama kali melihat daftar itu, saya langsung senyum sendiri. Nama yang ada di daftar bukan nama saya, namun saya yakin bahwa itu adalah saya.

Tertulis di sana nama Toto Mulyanto, sedang nama saya adalah Toto Mulyoto. Buat saya ini sudah cukup meyakinkan bahwa saya akan dimentori oleh Ustadz Dail Ma’ruf. Jadi begitu sempat, saya pun mengirim pesan ke Ustadz Dail Ma’ruf untuk memperkenalkan diri sekaligus berupaya meluruskan penulisan nama agar nantinya tidak salah lagi.

Soal penulisan nama yang salah, bagi saya sih, bukan masalah besar, apalagi ini bukan forum yang langsung terkait dengan data kependudukan. Selain itu, sepanjang hidup saya, memang orang cenderung melakukan kesalahan yang sama sewaktu pertama kali menuliskan nama saya. Artinya penulisan Toto Mulyanto memang sudah beberapa kali terjadi. Kesalahan seperti ini masih level menengah, menurut saya.

Kesalahan level Lumayan Berat pernah juga terjadi. Nama saya salah ditulis menjadi Toto Maryoto. Nama ini ditulis dan dibacakan sebagai juara kedua lomba baca puisi antar kelas sewaktu SMA dulu. Dibacakannya sewaktu upacara Senin pagi. Nah, kami satu sekolah tidak ada yang kenal nama itu. Anak-anak zaman sekarang bilang: error 404, not found!  

Balik ke urusan mentoring KBMN 28, belakangan saya baru tahu bahwa memang ada beberapa nama yang salah penulisannya, kemungkinan besar bukan typo (saltik), melainkan karena fungsi Autocorrect yang agak sotoy.

Salah satu yang salah penulisan namanya adalah Ustadz Deni Darmawan. (Beliau inilah yang telah menyampaikan informasi tentang KMBN 28 ini kepada saya. Jazaakallah khairan, Ustadz). Nah, nama Ustadz Deni Darmawan ditulis Deni Parmawan. 


Kesalahan penulisan nama saya dan nama Ustadz Deni, ternyata belum seberapa. Ada nama yang salah tulisnya bikin nyengir, (mohon maaf buat yang punya nama). 

Ada yang namanya tertulis "Hilman Sampul R" lalu ada yang tertulis "Kurus Solikhah". Selidik punya selidik, ternyata nama yang benar adalah Hilman Saepul Rahman dan Nurus Solikhah.


Pak Sim Chung Wei, salah seorang Mentor (kebetulan mementori Ustadz Deni Par, eh, Deni Darmawan) mengomentari kejadian ini dengan puisi singkat yang indah. Kata beliau:


Tak ada yang sempurna 

Meski di bawah langit biru indah

Di atas tanah subur makmur

Semua mengikuti aturan fana dunia


Semoga salah penulisan nama ini malah makin membuat semangat berkobar, untuk menghasilkan karya yang membuat namanya berkibar. 

Namanya yang benar, tentunya.


Tto


Komentar

Postingan populer dari blog ini

"MAN OF ACTION" IN ACTION!

  Oleh: Toto Mulyoto Resume ke-6 Gelombang: 28 Tanggal: 20 Januari 2023 Tema: Menulis Buku Mayor Dalam Dua Minggu Narasumber: Prof. Richardus Eko Indrajit Moderator: Aam Nurhasanah, S.Pd. "Man of Action" menurut kamus Oxford adalah " someone who prefers to do things rather than think about and discuss them ". Tema KBMN malam ini, Menulis Buku Mayor Dalam Dua Minggu, disampaikan oleh orang yang termasuk kategori "Man of Action". Narasumber ini lebih suka menerjunkan para peserta pelatihan langsung ke dunia kepenulisan tanpa banyak basa-basi. Targetnya jelas: membuat buku yang akan tembus ke penerbit dalam waktu singkat.  Inilah sepak terjang narasumber hebat malam ini, Prof. Eko Indrajit. Prof. Richardus Eko Indrajit (sumber wikipedia) Narasumber Hebat Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A., M.Phil., M.A. (lahir 24 Januari 1969) adalah seorang tokoh pendidikan dan pakar teknologi informatika. Beliau banyak menulis buku serta jurnal yang telah d

REFLEKSI DIRI MURID ITU PENTING! BEGINI CARA GURU HEBAT MENGELOLANYA

  Oleh: Toto Mulyoto Resume ke-29 Gelombang: 28 Tanggal: 15 Maret 2023 Tema: Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa Narasumber: Bambang Purwanto, S.Kom.Gr Moderator: Gina Dwi Septiani, S.Pd., M.Pd. Narasumber Hebat Narasumber hebat malam ini adalah lelaki bernama lengkap Bambang Purwanto, S.Kom., Gr. Nama panggilannya ringkas: Mr. Bams atau Ayah Salwa. Beliau lahir di Bandung, 6 April 1974. Saat ini beliau tinggal di Perumahan Lebakwangi Asri D4 No 26 RT 04 RW 13 Desa Lebakwangi Kecamatan Arjasari Kab. Bandung – 40379. Beliau bisa dihubungi melalui nomer telepon : 088809405468 atau email : bangpurwa@gmail.com Situs beliau yang bisa kita kulik diantaranya: Website : www.penamrbams.id Youtube : Pena Mr. Bams https://www.youtube.com/channel/UCDw-57I2kl77_hVmt9Orhjg Motto Hidup : Mengisi Hidup Penuh Hikmah Pendidikan Formal • SD : SD Negeri 3 Banjaran Kabupaten Bandung, 1986 • SMP : SMP Negeri 1 Banjaran Kabupaten Bandung, 1989 • SMA : SMA Negeri Baleendah Kabupaten Bandung, 19

MENUJU HIDUP YANG LEBIH BERMANFAAT DENGAN MENUMBUHKAN GAIRAH MENULIS

Oleh: Toto Mulyoto Resume ke-2 Gelombang: 28 Tanggal: 11 Januari 2023 Tema: Menjadikan Menulis Sebagai Passion Narasumber: Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd. Moderator: Widya Setianingsih, S.Pd. MENUJU HIDUP YANG LEBIH BERMANFAAT DENGAN MENUMBUHKAN GAIRAH MENULIS Orang yang tidak mau menulis (atau menjadi penulis) bisa mengajukan banyak alasan. Ada yang langsung mengatakan tidak suka menulis, ada yang merasa tidak mampu menulis. Ada lagi yang merasa tidak punya ide atau tidak punya waktu untuk menulis. Bahkan ada juga yang tidak mau menulis karena tidak suka dikritik. Semua alasan itu sebenarnya bukanlah hal yang prinsip. Jika disebutkan satu saja alasan untuk menulis, tentunya alasan-alasan di atas bisa dinafikan.  Salah satu alasan untuk menulis adalah menjadikan hidup yang dijalani ini menjadi hidup yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang banyak. Kebermanfaatan itu bisa diraih melalui kegiatan menulis. Menumbuhkan Passion Menulis Materi ke-2 dalam Kelas Belajar Menulis Nus