Langsung ke konten utama

YANG MAU KIRIM TULISAN KE MAJALAH SUARA GURU MESTI TAHU INI-


 

Oleh: Toto Mulyoto

Resume ke-22

Gelombang: 28

Tanggal: 27 Februari 2023

Tema: Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru

Narasumber: Catur Nurrochman Octavian, M.Pd.

Moderator: Sim Chung Wei, S.Pt.


Sudah capek belajar menulis dan praktek menulis setiap hari, tapi tulisannya cuma dinikmati sendiri? Perlu saluran untuk menampung tulisannya agar dibaca banyak orang? mau tahu tempat dan caranya?

Nah, inilah yang akan dibahas dalam pertemuan malam ini....


Narasumber Hebat

Beliau bernama Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd., seorang guru IPS di SMPN di daerah Kemang, Bogor. Beliau juga menjabat sebagai Wakil Bendahara Pengurus Besar PGRI. Aktivitas lainnya adalah sebagai Redaktur Pelaksana pada majalah Suara Guru PB PGRI.

Narasumber menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di Jakarta. Pendidikan S1 diselesaikan di jurusan IPS/Geografi, FKIP Univ. Sebelas Maret, Solo. S2 jurusan IPS diselesaikan di sekolah Pascasarjana UPI, Bandung

Artikel-artikel narasumber telah dimuat di berbagai media besar tanah air seperti Kompas, Wartakota, Jawapos, Radar Bogor, Joglosemar, majalah Suara Guru, didikpos online. Beliau juga dikenal sebagai Wikipediawan nasional. Kiprah dan profilnya telah dimuat di laman Outreach.wikimedia.or.id , wikimedia foundation, San Fransisco USA.

Narasumber dikenal produktif menulis dan telah menerbitkan sebanyak 21 buku solo dan puluhan buku antologi. Beliau adalah editor buku di PGRI Press dan Kagum Bogor Literat. Sejak tahun 2018 narasumber bergabung dengan Majalah Suara Guru PB PGRI dan di awal tahun 2019 diangkat sebagai Redaktur Pelaksana


PEMAPARAN DARI NARASUMBER TENTANG MENGIRIM TULISAN KE MAJALAH SUARA GURU

Majalah suara Guru adalah majalah profesi yang berdiri tahun 1949. Majalah ini saat ini terbit dua bulan sekali, dan sekarang sedang bersiap melaunching edisi kedua tahun ini (Maret-April 2023). Peredaran majalah ini sudah menggapai berbagai daerah di Indonesia dari Aceh sampai Papua.

Majalah ini menyediakan ruang untuk berekspresi para guru dengan berbagai rubrik di dalamnya. Yang utama adalah Suara Utama dari organisasi. Selain Suara Utama, Opini, Organisasi, Edutainment, Oase, Percik, Inspiratif, Sekolah, Bahasa, Sastra, dan Destinasi.

Ruang lingkup majalah ini adalah nasional sehingga isu yang diangkat pun berskala nasional, dari berbagai bidang yang terkait Pendidikan dan tatakelola guru.

76 halaman full color, glossy artpaper. Rp. 25.000,- per eks harga P. Jawa. 

Literasi Bagi Guru adalah sangat penting

Bagi narsum, kegiatan literasi harus mencakup membaca dan menulis. Menulis tidak akan bisa baik bila tidak ada budaya membaca. Maka bagi yang ingin mengirim tulisan ke suara guru diminta untuk membaca dulu isi majalah itu agar bisa mengenali gaya tulisan dan bentuk tulisan yang ada di majalah tersebut.

Bagaimana ciri tulisan yang layak muat di majalah Suara Guru? 

  • Tulisan harus asli, tidak plagiat. Plagiat adalah tindakan yang sama dengan mencuri 
  • Tidak boleh menyerang pribadi (SARA); Tidak boleh membawa ideologi selain Pancasila. PGRI adalah organisasi perjuangan yang berjuang menegakkan NKRI, Pancasila dan UUD 45, maka mengusung ideologi Pancasila dalam tulisan yang akan dimuat dalam Majalah Suara Guru adalah suatu keharusan.
  • Aktual. Terutama untuk opini, aktualitas tema yang ditulis sangat diperlukan. 
  • Bahasa popular, ringan mudah dibaca bahkan oleh orang awam. 
  • Persyaratan Teknis: Paling banyak 700 kata (TNR 12, spasi 1.5 berarti sekitar 1,5 halaman A4)

Peluang-peluang

Peluang terbuka untuk para guru menulis beragam tema yang nantinya akan bisa dimuat dalam rubrik Opini; Best practice; Sastra (cerpen, puisi, pantun, Destinasi - berupa feature -: perjalanan, tempat wisata, kuliner, budaya; Sejarah (terutama sejarah nasional).

Rubrik Praktik Baik (Best Practice): Pengalaman mengajar. Naratif, deskriptif. Tuliskan summary saja, karena Majalah Suara Guru belum bisa memuat tulisan berseri untuk Best Practice ini.

Liputan sekolah/perguruan tinggi: Reportasi aktivitas di sekolah (Catatan: Dosen adalah guru juga, maka perguruan tinggi masuk dalam lingkupan majalah Suara Guru)

Siswa mengirim tulisan? Saat ini belum ada rubrik buat siswa.

Tips-tips

Tips agar tulisan tidak ditolak oleh  Redaksi Majalah Suara Guru

  • Tidak plagiat
  • Bahasa yang baik (populer)
  • Setia menanti. Tidak bisa langsung dimuat karena ada antrian
  • Aktual. Untuk menjaga agar tetap aktual, kirim tulisan sebelum tanggalnya. Misalnya untuk peringatan Hardiknas 2 Mei, tulisan harus dikirim pada bulan April.

Tto  



Komentar

Postingan populer dari blog ini

"MAN OF ACTION" IN ACTION!

  Oleh: Toto Mulyoto Resume ke-6 Gelombang: 28 Tanggal: 20 Januari 2023 Tema: Menulis Buku Mayor Dalam Dua Minggu Narasumber: Prof. Richardus Eko Indrajit Moderator: Aam Nurhasanah, S.Pd. "Man of Action" menurut kamus Oxford adalah " someone who prefers to do things rather than think about and discuss them ". Tema KBMN malam ini, Menulis Buku Mayor Dalam Dua Minggu, disampaikan oleh orang yang termasuk kategori "Man of Action". Narasumber ini lebih suka menerjunkan para peserta pelatihan langsung ke dunia kepenulisan tanpa banyak basa-basi. Targetnya jelas: membuat buku yang akan tembus ke penerbit dalam waktu singkat.  Inilah sepak terjang narasumber hebat malam ini, Prof. Eko Indrajit. Prof. Richardus Eko Indrajit (sumber wikipedia) Narasumber Hebat Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A., M.Phil., M.A. (lahir 24 Januari 1969) adalah seorang tokoh pendidikan dan pakar teknologi informatika. Beliau banyak menulis buku serta jurnal yang telah d

REFLEKSI DIRI MURID ITU PENTING! BEGINI CARA GURU HEBAT MENGELOLANYA

  Oleh: Toto Mulyoto Resume ke-29 Gelombang: 28 Tanggal: 15 Maret 2023 Tema: Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa Narasumber: Bambang Purwanto, S.Kom.Gr Moderator: Gina Dwi Septiani, S.Pd., M.Pd. Narasumber Hebat Narasumber hebat malam ini adalah lelaki bernama lengkap Bambang Purwanto, S.Kom., Gr. Nama panggilannya ringkas: Mr. Bams atau Ayah Salwa. Beliau lahir di Bandung, 6 April 1974. Saat ini beliau tinggal di Perumahan Lebakwangi Asri D4 No 26 RT 04 RW 13 Desa Lebakwangi Kecamatan Arjasari Kab. Bandung – 40379. Beliau bisa dihubungi melalui nomer telepon : 088809405468 atau email : bangpurwa@gmail.com Situs beliau yang bisa kita kulik diantaranya: Website : www.penamrbams.id Youtube : Pena Mr. Bams https://www.youtube.com/channel/UCDw-57I2kl77_hVmt9Orhjg Motto Hidup : Mengisi Hidup Penuh Hikmah Pendidikan Formal • SD : SD Negeri 3 Banjaran Kabupaten Bandung, 1986 • SMP : SMP Negeri 1 Banjaran Kabupaten Bandung, 1989 • SMA : SMA Negeri Baleendah Kabupaten Bandung, 19

MENUJU HIDUP YANG LEBIH BERMANFAAT DENGAN MENUMBUHKAN GAIRAH MENULIS

Oleh: Toto Mulyoto Resume ke-2 Gelombang: 28 Tanggal: 11 Januari 2023 Tema: Menjadikan Menulis Sebagai Passion Narasumber: Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd. Moderator: Widya Setianingsih, S.Pd. MENUJU HIDUP YANG LEBIH BERMANFAAT DENGAN MENUMBUHKAN GAIRAH MENULIS Orang yang tidak mau menulis (atau menjadi penulis) bisa mengajukan banyak alasan. Ada yang langsung mengatakan tidak suka menulis, ada yang merasa tidak mampu menulis. Ada lagi yang merasa tidak punya ide atau tidak punya waktu untuk menulis. Bahkan ada juga yang tidak mau menulis karena tidak suka dikritik. Semua alasan itu sebenarnya bukanlah hal yang prinsip. Jika disebutkan satu saja alasan untuk menulis, tentunya alasan-alasan di atas bisa dinafikan.  Salah satu alasan untuk menulis adalah menjadikan hidup yang dijalani ini menjadi hidup yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang banyak. Kebermanfaatan itu bisa diraih melalui kegiatan menulis. Menumbuhkan Passion Menulis Materi ke-2 dalam Kelas Belajar Menulis Nus